Konsep Metode Inquiry merupakan proses pembelajaran dibangun
atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan siswa. Di sini para siswa didorong
untuk berkolaborasi untuk memecahkan masalah, dan bukannya sekedar menerima
instruksi langsung dari gurunya. Tugas guru dalam lingkungan belajar berbasis
pertanyaan ini bukanlah untuk menyediakan pengetahuan, namun membantu siswa
menjalani proses menemukan sendiri pengetahuan yang mereka cari. Jadi, guru
berfungsi sebagai fasilitator dan bukan sumber jawaban.
Bila dijalankan dengan benar, Inquiry Based Learning akan membawa
manfaat-manfaat antara lain:
• IBL adalah pendekatan yang baik dalam proses belajar mengajar untuk memberi
siswa kesempatan belajar dengan lebih bebas namun juga tetap mengenalkan dan
mendidikkan keahlian-keahlian dasar.
• IBL bersifat fleksibel dan cocok untuk bermacam-macam proyek mulai dari yang
sangat terbatas sampai yang ekstensif, mulai dari yang berorientasi riset
sampai yang kreatif, di dalam laboratorium ataupun di internet.
• Dalam banyak kasus, siswa yang bermasalah di sekolah formal karena tidak
merespon terhadap proses menyerap maupun mengingat kembali pelajaran malah bisa
bersinar dalam lingkungan kelas IBL, membangun rasa percaya diri, minat, dan
harga diri mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar